Merencanakan Diet Praktis Wanita Kantoran

Bagi sebagian orang yang sedang diet namun tidak sempat membawa bekal ke kantor maka ‘jajan’ diwarung adalah salah satu solusinya. Pertimbangannya adalah praktis, murah dan meriah. Setelah itu berjuang keras menahan lapar karena jajanan atau cemilan diluar sana kadang tidak men-support diet kita. Akhirnya ngemil sembarangan.

Dengan pertimbangan tidak mau ngemil sembarangan sebagian orang lagi menyempatkan memasak dan membawa makanan sendiri dari rumah, tapi terkadang kembali lagi dengan alasan tidak sempat atau malas sehingga program diet menjadi gagal . Saran saya, disempatin ya… akan indah pada waktunya kok . *angel smile *

Disini saya mencoba berbagi 7 langkah untuk mempersiapkan bekal kantor yang selama ini saya jalani selama diet :

  1. Menentukan Program Diet yang akan dijalankan

Banyak program-program diet yang ditawarkan saat ini, contohnya ada Mayo Diet, Paleo, Cavemen Diet, Mediterranean, Ketogenic, Atkins, Diet Rendah Kalori, dan lain-lain . Anda bisa memilih salah satu dari program diet yang cocok untuk penurunan berat badan anda. Atau bisa jadi program diet anda sudah ditentukan oleh dokter anda .

  1. Merencanakan menu makanan untuk 7 hari

Menentukan menu untuk 7 hari, karena perencanaan itu sangat sangat penting, walau nanti misalnya diet kita melenceng maka dengan adanya perencanaan maka diet akan kembali on track. Saya biasa membuat perencanaan menu dengan Excel. Mulai dari Sarapan, Snack, Lunch ataupun Dinner. Begitu juga daftar belanjaan bisa sekalian dibuat.

  1. Tidak perlu banyak variasi makanan

Jika anda sudah berkeluarga menu yang bervariasi pasti dirasa sangatlah diperlukan dan anda tidak akan menemukan kesulitan menghabiskan bahan makanan yang tersedia jika anda belanja stock untuk beberapa hari kedepan, namun jika anda akan memasak hanya untuk diri sendiri , maka anda tidak perlu terlalu banyak variasi setiap harinya, ini akan membuat anda makin sibuk, cost yang lebih tinggi  dan bisa jadi banyak bahan makanan yang akan terbuang , khususnya sayuran segar. Cukup lah variasi itu untuk 2 atau 3 kali dalam 1 minggu dan variasikan menu di minggu berikutnya. Tapi jangan lupa perhatikan kandungan gizinya, biarpun hanya 1-2 macam namun harus memenuhi gizi yang dibutuhkan per harinya ya.

  1. Tidak perlu belanja setiap hari

Dengan adanya perencanaan , anda akan tau kebutuhan anda memasak selama seminggu. Sabtu atau Minggu waktunya berbelanja dan anda hanya membeli bahan makanan yang sudah di buat di perencanaan dan mempersiapkan segalanya untuk 1 minggu kedepan.

Nah kadang ini yang membuat diet saya kurang berhasil, sudah direncanakan tapi ada info dinas ke luar kota, akhirnya tidak belanja dan memutuskan jajan dan ternyata dinas yang ditunggu dibatalkan atau ditunda minggu depan. Kekacauan pun terjadi bisa sampai 2 minggu … hahahah. *alibi*

  1. Persiapan

Jika menu anda lebih menyukai sayuran, persiapkan sayuran dari mulai mengupas, membersihkan dan memotong. Sayuran memang mudah layu, tapi saya sudah mencoba selama ini, bahwa sayuran yang sudah bersih dan disimpan dalam zip lock plastik atau wadah tertutup rapat akan bertahan kesegarannya jika di simpan di kulkas ( bukan freezer ) bisa bertahan hingga 1 minggu lebih.

Jika anda menyukai makanan berkuah yang didalamnya terdapat daging-dagingan atau ayam , tipsnya adalah anda dapat memasak terlebih dahulu daging dan ayam beserta bumbu-bumbu , tidak termasuk sayuran, kita sebut saja persiapan ini adalah membuat kaldu. Kemudian setelah matang dan didiamkan sampai suhu ruangan saya masukkan ke dalam wadah tertutup, setiap wadah untuk konsumsi satu hari, dan saya simpan di freezer.

Saat ingin di konsumsi , kaldu tersebut dipanaskan dan tambahkan sayur-sayuran sesuai selera.

Persiapan ini tidak berlaku untuk buah-buahan yang harus dikupas ya, buah-buahan seperti jeruk, anggur stroberi, blueberry cukup praktis untuk dipersiapkan. Cuci bersih saja kemudian simpan dalam wadah plastic tertutup.

Jika anda punya waktu luang coba cari informasi Meal Prep di youtube, anda akan menemukan banyak sekali contoh persiapan makanan praktis. Bahkan menu nya hanya 1 -2 macam dan dikonsumsi bergantian setiap harinya.

  1. Memanfaatkan fasilitas kantor

Beberapa kantor menyediakan fasilitas seperti kompor atau microwave, bisa memanaskan kaldu atau sekedar memasak telur. Namun jika tidak ada fasilitas seperti itu bukan masalah besar. Melalui perencanaan anda dapat membuat makanan yang tidak membutuhkan untuk dipanaskan dikantor, cukup di olah dirumah sebelum berangkat kerja.

  1. Mengatur isi kulkas

Pastikan isi kulkas hanya berhubungan dengan menu selama seminggu, jadi anda tidak perlu berlebihan saat berbelanja. Tidak perlu menyediakan cemilan-cemilan. Jangan kuatir, dengan perencanaan anda biasanya akan membuat menu yang anda suka dan mengenyangkan. Jadi cemilan tidak dibutuhkan lagi.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya share yang selama ini membantu banget supaya diet saya tetap on track dan membuat saya tidak terburu-buru berangkat ke kantor  ( kecuali kesiangan ya :p )  atau jika ada lembur mendadak saya tidak terlalu kuatir lagi karena sudah disiapkan semuanya tinggal diolah besok paginya. Tapi cara ini tidak menjamin kurus loh yaaa :p …cuma sekedar share supaya ngga ribet untuk menyiapkan bekal kantor.

Semoga bermanfaat ya….

Advertisements

One thought on “Merencanakan Diet Praktis Wanita Kantoran

  1. Pingback: Diet ? Kapan Mulainya ? – MY EATING HABITS

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s