Day 342 – I am back

Ehem, sudah hampir 6 bulan ngga posting . Menjelang akhir bulan puasa menu makanan berlimpah, asupan saat sahur dan berbuka jadi tidak terkontrol. Akibatnya selama bulan puasa berat badan turun 2 kilo saja yaitu 62 kilo, padahal harapannya bisa turun 4 kg, tapi setelah bulan puasa naik kembali malah jadi 64 kilo.

Kirain diet bakal dilanjutin, ternyata ..

Bulan-bulan selanjutnya banyak jadwal lembur mendadak, ga terlalu banyak sih 2-3 kali seminggu, tapiiii … saat lembur konsumsinya , martabak, nasi goreng .. haduh …

Ternyata berpengaruh , berat badan naik jadi 67 kg ! . Akhirnya 2 bulan lalu memutuskan untuk kembali diet dengan program lain.

Mau mencoba program diet dengan menu  yang sekiranya menarik untuk diikuti. Jujur saja menu tanpa garam sedikit membosankan. Lumayan takjub hampir 6 bulan sering makan makanan tanpa rasa.

Setelah browsing sana sini, akhirnya memutuskan untuk mencoba diet LCHF – Low Carb High Fat, yang berfokus pada makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta sangat menghindari gula atau dikenal dengan Ketogenic Diet atau cukup disebutkan menjadi Keto.

Menu-menu dan informasi Keto diambil dari beberapa situs referensi yang lumayan banyak followernya sampai-sampai saya bergabung ke sebuah restricted group. Berhubung group-group tersebut dari luar negri , jadi menunya kebanyakan creamy food dan cheesy serta cara memasaknya dengan cara di panggang. Awal-awalnya yummy, tapi lama kelamaan mulai eneg dan pastinya yang kurus bukan badan tapi dompet saya. Selama sebulan adaptasi berat badan turun 2 kg jadi 65 kg.

Sekarang sudah 3 minggu mulai menjalankan diet yang lebih “terkontrol” , untuk mencari makanan berlemak di Indonesia tidaklah sulit, beli Rendang dan Gulai Ayam di restoran padang adalah cara paling praktis .

Dengan asupan lemak seperti telur, butter, minyak kelapa, santan, keju, alpukat, heavy cream dan lemak daging cukup membuat perasaan lumayan deg2-an ngejalaninnya, apalagi kalo bukan berhubungan dengan yang namanya kolesterol,  bahkan kulit ayam pun disarankan ( untung ngga sukaaaa ), namun sebagai pengimbangnya para pelaku keto mengurangi Carbohydrate hingga 50 gram perhari, bahkan yang ketat hanya membatasi 20 gram perhari, dan pantangan lain yang terberat adalah GULA atau makanan manis.

Banyak pantangan makanan di Keto, hingga jenis sayuran pun terbatas, Ketogenic sangat membatasi karbo yang dimakan seperti nasi dan tepung-tepungan pastinya, kentang dan umbi-umbian, karbohidrat yang didapat hanya berasal dari sayur-sayuran. Jenis sayuran pun hanya beberapa jenis, atau bisa jadi mereka ngga tau ada beberapa ciptaan Tuhan yang tumbuh di tanah indonesia, jadinya sayapun hingga saat ini ngga banyak informasi mengenai ukuran nutrisi sayuran dan buah-buahan yang cocok untuk keto. Penggemar makanan manis apalagi buah yang manis pasti sulit menjalankan diet ini, termasuk saya yang hobby makan buah manis, sering nyuri-nyuri ngemil anggur….dan tidak lepas dengan kopi instant yang super manis.

Hari ini berat badan diangka 64 kg, tepatnya sih bangun tidur tadi 63,6 kg . Dan terus mencari cara praktis membuat bekal kantor dengan cost yang lebih rendah dan praktis. Saat ini masih enjoy, karena diet Keto adalah diet yang tidak membuat saya kelaparan, alias dengan asupan lemak, perut terasa full lebih lama.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s